PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANG SAFA RSUD HARAPAN DAN DOA KOTA BENGKULU

Dian Dwiana Maydinar, Loren Juksen, Neni Triana, Cici Sintia Wulandari

Abstract


Kepuasan pasien adalah tingkat kepuasan yang dialami pasien sebagai akibat dari proses pemberian pelayanan kesehatan yang memenuhi harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Ruang Safa RSUD Harapan dan Doa Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini mengunakan survey analitik yaitu penelitian yang dilakukan untuk memproleh gambaran tentang variable idependen dan variable dependen dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah keseluruhan yang berkunjung di Ruangan Rawat Inap ruang Safa RSHD Kota Bengkulu  pada bulan juli 2023. Pengambilan sampel dengan mengunakan tehnik accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data dianalisis menggunakan analisis univariat dan analisis bivariate dengan Contingensi Coeffient (C). Hasil dari penelitian ini Dari 30 responden diketahui Dari 11 orang pelayanan keperawatan kurang baik terdapat 5 (45,5%) orang pasien kurang puas dan 6 (54,5%)  orang pasien puas; Dari 30 responden diketahui dari 19 (94,7%) orang pelayanan keperawatan baik terdapat 1 (5,3%) orang pasien kurang puas dan 18 (94,7%) orang pasien puas; Ada hubungan yang signifikan antara pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di ruang safa RSUD harapan dan doa kota Bengkulu.


Full Text:

PDF

References


Agusianita, A., Nuru, H., & Metasari, D. (2023). Analisis Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien JKN Rawat Inap di Rumah Sakit Rafflesia. Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS), 7(1), 10-18.

ANCC Acreditation (American Nursing Credentialing Centre), 2017, Nursing Skills Competency Program: Application Handbook, Terjemahan: Program kompetensi ketrampilan perawat: Buku saku aplikasi, nursecredentialing.org

Andriani, A. (2017). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien diruangan poli umum puskesmas bukittinggi. Jurnal Endurance, 2(1), 45-52.

Andriani, A.-. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi.

Andriani, M., Andriani, A., Destri, N., & Annur, F. D. (2022). Hubungan Kualitas PElayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Di Ruang Rawat Inap Interne Dan Bedah RSI Ibnu Sina Bukittinggi Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 13(1), 269-275.

Andrianti, S., & Marlena, F. (2022). Hubungan prilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit zainal arifin kota bengkulu. Injection: Nursing Journal, 2(1), 18-30.

Az-Zahroh, T. N. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Dewasa Umum Rumah Sakit X Kabupaten Gresik. Psikosains: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi, 12(2), 99-111.

Desimawati, D. W. (2013). Hubungan layanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember.

Hasyim, M. R. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tugas Akhir S1, Universitas Diponegoro, Semarang.

Ismuntania, K. (2020). Hubungan Layanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Penyakit Dalam Wanita RSUD Tgk. Abdullah Syafi’i Beureunuen Kabupaten Pidie 2020. Jurnal Real Riset, 2(2).

Librianty, N. (2019). Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Bangkinang Kota Tahun 2019. Jurnal Ners, 3(2), 103-110.

Muninjaya, Gde AA, 2013, Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta, EGC

Nuraini, I. S., & Mudiantono, M. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap minat beli ulang situs Traveloka (Studi pada konsumen Traveloka di kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 423-433.

Puguh, S. 2013. Hubungan perilaku asertif perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Teratai RSUD Dr. soegiri Lamongan.

Rohita, T., & Yetti, K. (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Keperawatan Melalui Ronde Dan Pendokumentasian. Dunia Keperawatan

Sasmita, F. N., Dwiana, D., & Parera, G. (2020). Hubungan perilaku asertif perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Seruni RSUD DR. M. Yunus Bengkulu. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), 121-130.

Tulaisyah, N. H., Isnainy, U. C. A. S., & Wardiyah, A. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Husada Kota Bandar Lampung. Malahayati Nursing Journal, 4(10), 2773-2791.

Umamcd, C., Muchlisoh, L., & Maryati, H. (2019). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Metode Ipa (Importance Perfomance Analysis) Di Puskesmas Bogor Tengah Kota Bogor Tahun 2018. Promotor, 2(1), 7-19.

Widya, Fadila. 2020. Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengankepuasan Pasien Rawat Jalandi Puskesmas Lawe Sigala –Gala.

Wulandari Nofiati. (2015). Hubungan Layanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ungaran Kabupaten Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v15i2.2944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats