PENGARUH TERAPI SOCIAL SKILLS TRAINING (SST) DENGAN DAN TANPA DIET CASEIN FREE GLUTEN FREE (CFGF) TERHADAP KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK AUTISME
Abstract
ABSTRAK
Jumlah penyandang autis di dunia sekitar 35 juta orang, kisaran 60.000 – 150.000 autis terjadi pada anak usia dibawah 15 tahun yang ditandai dengan adanya gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial. Terapi yang diberikan untuk peningkatan kemampuan sosial pada anak autis dilakukan terapi Social Skill Training (SST). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh SST dengan dan tanpa diet CFGF terhadap Kemampuan Sosialisasi Anak Autisme (6 -12 Tahun) di SLB Autis YPPA Padang Tahun 2018. Desain penelitian quasi experimental one - group pre - post test. Populasi dalam penelitian ini seluruh anak autis yang berusia 6-12 Tahun dan sampel diambil dengan convenience sampling yang berjumlah 20 orang dengan dan tanpa diet CFGF. Teknik pengolahan data univariat distribusi frekuensi dan central tedensy dan data bivariat dengan Paired T - test. Hasil penelitian terdapat pengaruh SST dengan dan tanpa Diet CFGF terhadap kemampuan sosialisasi anak autis sebelum dan sesudah diberikan terapi. Saran yang dapat disampaikan pada penelitian ini keperawatan agar dapat mendeteksi secara dini tanda gejala yang dialami oleh anak autis sehingga tidak terjadi tanda gejala berat dan melatih kemampuan sosialisasi anak autis dengan terapi SST.
Kata Kunci : Kemampuan Sosialisasi, Social Skill Training (SST), CFGF, Anak Autisme
EFFECT OF SOCIAL SKILLS TRAINING (SST) TREATMENT WITH AND WITHOUT DIET CFGF ABILITY TO SOCIALIZATION
AUTISM CHILDREN
ABSTRACT
Number of persons with autism in the world range of 60.000 - 150.000 autis moccurredin children aged below 15 years. Therapy was given to improvement of social skills in autistic children Social Skills Training Therapy (SST). The purpose of this study was to determine the ability of Socialization Effects of SST with and without diet CFGF for Autism Children in SLB Autism YPPA Padang 2018. Quasi – experimental design with one - group pre - post test. The population in this study all children with autism aged 6 – 12 year, and samples were taken by convenience sampling 20 people with and without diet CFGF. Univariate date processing techniques while the frequency distribution and central tedensy and Bivariate date processing techniques with paired T - test. Results of research abilities children with autism after therapy SST with and without diet CFGF with social skillsof children with autism. Suggestions can be submittedto the study of nursing in order to detect early signs of the symptoms experienced by children with autism so there is no sign of sever symptoms and train the socialization skills of children with autism with SST therapy.
Key Words : Ability socialization, Social Skills Training, CFGF, autistic children
Full Text:
PDFReferences
Budhiman, M. (2001). Langkah Awal menanggulangi Autisme.
Budiamin, dkk. (2006). Perkembangan Peserta Dididk.
Carol Ren Kneisl.Eileen Trigoboff. (2004). Contemporary psychiatry mental health nursing.
Cotugno, A. J. (2009). Social competence and social skills training and intervention for children with autism spectrum disorders. Journal of Autism and Developmental Disorders. https://doi.org/10.1007/s10803-009-0741-4
Danuatmaja. (2003). Faktor Penyebab Autieme. In Health.kompas.com.
Erika, K. (2015). Autisme di Indonesia Terus Meningkat. Lifestyle.Okezone.Com.
Handoyo.Y. (2003). Autisma.
Hidayat, A. . (2007). Metode penelitian keperawatan dan teknik analisa data.
Ma’ruf Efendi. (2013). Gambaran Faktor pre natal sebagai penyebab autis di sekolah anak khusus kembang mekar desa kepanjen kec. jombang kabupaten jombang, 2013.
Matthews, R., Swick, D. C., DeRosier, M. E., Davis, N. O., & McMillen, J. S. (2010). The Efficacy of a Social Skills Group Intervention for Improving Social Behaviors in Children with High Functioning Autism Spectrum Disorders. Journal of Autism and Developmental Disorders, 41(8), 1033–1043. https://doi.org/10.1007/s10803-010-1128-2
Mulyani Arief. (2010). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS GIZI PADA ANAK AUTIS DI KLINIK BUAH HATIKU MAKASSAR, 210.
Peeters.T. (2004). Autisme.
Sastroasmoro,S & Ismael, S. (2010). Dasar - dasar metodologi Penelitian Klinis.
Sriadi, S. P. (2012). Social Competence and Social Skills Training and Intervention for Children with Autism Spectrum Disorders.
Stuat, G. . (2009). Principles and Practice of pshychiatric nursing.
Williams White, S., Keonig, K., & Scahill, L. (2007). Social skills development in children with autism spectrum disorders: A review of the intervention research. Journal of Autism and Developmental Disorders, 37(10), 1858–1868. https://doi.org/10.1007/s10803-006-0320-x
Yatim F. (2003). Autisme suatu Gangguan Jiwa Pada Anak-anak.
Yosep I. (2009). Keperawatan Jiwa.
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v10i1.309
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508
Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)
Contact Person :
Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 082384992512
Wiya Elsa Fitri, M.Si
Editor
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 08116609525
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Email: lppmsyedza@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats