ANALISIS PENGALAMAN PERTOLONGAN PERSALINAN MAHASISWA TINGKAT II PRODI DIII KEBIDANAN STIKes MERCUBAKTIJAYA PADANG

Nur Fadjri Nilakesuma

Abstract


Refleksi diskusi kasus merupakan metode pembelajaran yang menuntut mahasiswa untuk menceritakan kembali pengalaman praktik klinik kebidanan dengan mempertahankan konsep pemikiran kritis dengan tujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi dan beradaptasi dengan perannya sebagai bidan Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas kemampuan mahasiswa kebidanan dalam menulis refleksi kasus  dan mendeskripsikan pengalaman pertolongan persalinan normal oleh mahasiswa saat Praktik Klinik Kebidanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded teori. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian adalah mahasiswa tingkat II Prodi DIII Kebidanan STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dan observasi  tulisan refleksi kasus dari tanggal 20 Juli s/d 6 Agustus 2020. Analisis data dengan pendekatan analisis menurut Miles dan Huberman Kualitas kemampuan mahasiswa kebidanan dalam menuliskan refleksi kasus rata – rata memuaskan, dengan bobot nilai 40%. Pengalaman pertolongan persalinan normal oleh mahasiswa saat praktik klinik kebidanan menghasilkan lima tema yaitu respek terhadap perjuangan seorang ibu, Pengalaman tidak terduga,  Keingingan untuk tampil sebagai bidan yang kompeten,  Umpan balik dari pembimbing lapangan  dan Keinginan untuk tidak membahayakan pasien dan membantu pasien. Diharapkan Pengelola Prodi DIII Kebidanan dapat menerapkan metode pembelajaran refleksi kasus untuk menggali pengalaman praktik klinik kebidanan mahasiswa untuk peningkatan pencapaian kompetensi

Keywords


Refleksi Diskusi Kasus, Pertolongan Persalianan, Mahasiswa Kebidanan , Pengalaman

Full Text:

PDF

References


Ardian, P., & Hariyat, R. S. (2017, Oktober). PENDIDIKAN KEPERAWATAN BERKELANJUTAN MELALUI IMPLEMENTASI DISKUSI REFLEKSI KASUS (DRK): PILOT STUDY. Jurnal Kesehatan Holistik (The Journal of Holistic Healthcare), 11(4), 234-241.

Blacka, P. E., & Plowrigh, D. (2010). A multi-dimensional model of reflective learning for professional development. Reflective Practice, 245-258.

Dahlberg, U., & Aune, I. (2013). The woman’s birth experience—The effect of interpersonal relationshipsand continuity of care. Midwifery, 407 - 415.

Erica Schytt, R. R., & Ulla Waldenstrom, R. R. (2013). How well does midwifery education prepare for clinical practice?Exploring the views of Swedish students, midwives and obstetricians. Midwifery, 102 -109.

Fadilah, L. N., Husain, F., Nurihsan, J., & Ramdani, T. G. (2019, March 4). The Effect of Reflective Learning onChildbirth Care Competence of Midwifery Students. Scientific Research Publishing, 9, 209-220.

Hardisman. (2018). Menakar Ulang Peran dan Kompetensi Bidan . MinangkabauNews.

Ingvild Aune, M., Unn Dahlberg, M., & Oddbjørn Ingebrigtsen, M. A. (2012). Parents’ experiences of midwifery students providing continuity of care. Midwifery.

Insani, A. A., Nurdiyan, A., Yulizawati, B, L. E., Iryani, D., & Fitrayeni. (2016). “BERPIKIR KRITIS” DASAR BIDAN DALAM MANAJEMEN ASUHAN KEBIDANAN. Journal Of Midwifery Research and Practice, 21-29.

Kanthan, R., & Senger, J.-L. B. (2011). An appraisal of students’ awareness of “selfreflection” in a first-year pathology course of undergraduate medical/dental education. BMC Medical Education.

Kieft, R. A., Brouwer, B. B., Francke, A. L., & Delnoij, D. M. (2014). How nurses and their work environment affect patient experiences of the quality of care: a qualitative study. BMC Health Services Research, 14:249.

Koole, S., Dornan, T., Aper, L., Scherpbier, A., Valcke, M., Cohen-Schotanus, J., et al. (2011). Factors confounding the assessment of reflection:a critical review. BMC Medical Education, 1-9.

Kurniawati, W., Rachmawati, I. N., & Afiyanti, Y. (2017). MAKNA MELAHIRKAN DI RUMAH BAGI SEORANG PEREMPUAN. Jurnal Keperawatan Indonesia,, 17-23.

Nilsson, C., Olafsdottir, O. A., Lundgren, I., & Lisen, M. B. (2019). Midwives’ care on a labour ward prior to the introduction of a midwifery model ofcare: a field of tension. International Journal of Qualitative Studies on Health and Well-being.

Özcan, N. K., Boyacıoğlu, N. E., Güdücü, N., Serhatlıoğlu, S. G., Emine, Koç5, M., et al. (2019). Turkish Midwifery Students’ Fear of Delivery Process. Journal of Caring Sciences, 121-127.

Rachmawati, I. N. (2012). Maternal reflection on labour pain management and influencing factors. British Journal of Midwifery •, 263-270.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya . Jakarta : Rineka cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v11i2.622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats