KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI MASA NEW NORMAL COVID 19

Suci Anita, Damrah Damrah

Abstract


Berdasakan penagamatan di SMPN Padang Utara Kota Padang dimasa new normal ini, terlihat bahwa kinerja guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dilihat dari perencanaan pembelajaran dimasa new normal, pelaksanaan pembelajaran dimasa new normal dan evaluasi pembelajaran dimasa new normal.Jenis penelitian ini adalah penelitian gabungan (Mixed Method), langkah pertama dalam penelitian ini dengan metode kuantitatif sedangkan langkah kedua dengan menggunakan kualitatif. Dalam penelitian ini pengambilan informasi penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik dari proses pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan trianggulasi.Hasil penelitian ini menunjukkan, dilihat dari perencanaan pembelajaran dimasa new normal sebesar (28,57%) kategori tidak baik. Untuk kategori cukup senilai (28,57%). Untuk kategori baik senilai (28,57%), untuk kategori sangat baik senilai (0,00%). pelaksanaan pembelajaran dimasa new normal sebesar (0,00%) kategori tidak baik. Untuk kategori cukup senilai (42,86%). Untuk kategori baik senilai (42,86%), untuk kategori sangat baik senilai (0,00%) evaluasi/penilaian pembelajaran dimasa new normal sebesar (28,57%) kategori tidak baik. Untuk kategori cukup senilai (42,85%). Untuk kategori baik senilai (14,29%), untuk kategori sangat baik senilai (0,00%). Sedangkan hasil kualitatif dari wawancara yang dilakukan kepada guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMPN Padang Utara Kota Padang dinyatakan bahwa perencanaan pembelajaran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan cukup baik, untuk pelaksanaan pembelajaran dimasa new normal dapat dikategorikan kurang baik, untuk evaluasi/penilaian pembelajaran dimasa new normal dikatakan kurang baik.


Keywords


New Normal, Model Penelitian Mixed Method, Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono (2009), Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Rajawali Pers

Anoraga. 2009.Psikologi Kerja. Jakarta PT.Rineka Cipta.

Arifin, dkk. 2012. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media

Arikunto, Suharsimi (2010), Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta

Asril.(2015). Bahan Ajar Pengetahuan Umum Pendidikan Jasamani dan Olahraga. UNP FIK.

Bambang Ferianto. (2014). Penilaian Kinerja Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehata terhadap Pembelajaran Pendidikan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatam Gresik.Diunduh tanggal 25 Januari 2018.Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 03 Nomor 01.

Bernawi dari Arifin Mohammad (2012).Kinerja Guru Profesional. Ar-Ruzz Jogjakarta

Barnawi, dkk. 2014. Meningkatkan Kinerja Pengawas Sekolah, Upaya Upgrade Kapasitas Kerja Pengawas Sekolah. Jogyakarta.Ar-Ruzz Media.

Budiningsih.C.Asri. (2015).Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dadi Permadi dan Arifin (2013).Panduan Menjadi Guru Profesional.Bandung Nuansa Aulia.

Depertemen Pendidikan Nasional. 2004. Standar kompetensi guru sekolah menengah. Jakarta

Hamalik, Oemar. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan pendekatan kompetensi. Jakarta. Bumi Aksara

Husdarta. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung. Alfabeta.

Karwati, E dan Friansa.DJ (2013).Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Bandung Alfabeta.

Latuconsina (2014) Pendidikan Kreatif Menuju Generasi Kreatif dan Keuangan Kreatif di Indonesia.Jakarta Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. (2007).Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung Remaja Rosda Karya.

Mukhtar (2013).Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta GP Press Group.

Neldi Hendri dan Tri Putra Junaidi Nasution, (2013).Strategi Pembelajaran Penjas. FIK UNP.

Sugeng Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugihartono, dkk.(2007).Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono, (2011).Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supardi (2016).Kinerja Guru. Jakarta. Rajawali Pers.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Disekolah. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Susanto Ahmad, (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru.Prenada media Group Jakarta.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS & PPR.I. Th.2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan & Wajib Belajar (Bandung:Citra Umbara, 2003)hal 7.

UNP. 2018. Buku Panduan Penulisan Tesis dan Disertasi. Padang: Program Pascasarjana UNP.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v11i2.859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats