EFEKTIFITAS APLIKASI ZOOM CLOUD MEETING DALAM PEMBELAJARAN DARING

Mira Agusthia, Rachmawaty M.Noer, Meslinda Indra

Abstract


Saat ini teknologi informasi menawarkan metode pendidikan baru yang dinamakan metode e-learning. Paradigma sistem pendidikan yang semula konvensional beralih menjadi sistem pendidikan jarak jauh, ruang dan waktu..  Zoom Meeting sendiri merupakan sebuah media pembelajaran menggunakan vidio. Dari semua lietratur mengindikasikan bahwa tidak semua peserta didik akan sukses dalam pembelajaran online, hal itu disebabkan karena perbedaan faktor lingkungan belajar dan karakteristik peserta didik. Salah satu keberhasilan dalam pembelajaran adalah terkait dengan motivasi yang dimiliki mahasiwa bahwa motivasi adalah sebuah kontruksi teoritis untuk menjelaskan inisiasi, arah, intensitas, ketekunan, dan kualitas perilaku,terutama perilaku yang diarahkan pada tujuan. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui hubungan penggunaan Aplikasi Zoom Clout Meeting sebagai pembelajaran berbasis online dengan motivasi belajar mahasiswa keperawatan STIKes Awal Bros Batam Tahun 2020. Rancangan penelitian korelasi analitik pengambilan data dilakukan secara cross sectional, menggunakan Total sampling dengan jumlah 56 Responden uji statistik pada penelitian ini dengan chi square. Hasil penelitian ini p value 0,016 (<0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting sebagai pembelajaran berbasis online dengan motivasi belajar mahasiswa keperawatan STIKes Awal Bros Batam Tahun 2020. Mahasiswa dapat meningkatkan motivasi belajar online dirumah selagi masa pandemi ini.


Full Text:

PDF

References


Andrizal,A& Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal InovasiVokasionalDanTeknologi,17(2),110.https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75

Ansong, E., Boateng, R., Boateng, S. L., & Anderson, A. B. (2017). The nature of E-learning adoption by stakeholders of a university in Africa. E-Learning andDigitalMedia,14(4),226–243. https://doi.org/10.1177/2042753017731235

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Rajawali pers.

Brophy, J. (2010). motivating student and literacy studies (Routledge (ed.) Abingdon - on Themes.

Dharma. (2015a). Metodologi Penelitian Keperawatan (E. H. P. (ed).

Faisal, M. D. A. (2020). Efektivitas Proses Belajar Melalui Aplikasi ZoomDiMasaPandemi Covid-19 M. Darul Aksan Faisal. 2.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara.

Haqien, D., Rahman, A. A., & Sejarah, P. (2020). Pemanfaatan zoom meeting untuk proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19. 5(1).

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Hayati, N. (2020). Metode Pembelajaran Daring. E-Learning Yang Efektif. Bali: Jurusan Ilmu Pendidikan …, April.

Hujair Ah, S. (2013). Media Pembelajaran: mecinptakan proses belajar mengajar yang Kreatif - inovatif. Kaukaba Dipantara.

Iskandar, Syarifah Masthura, C. O. (2020). Universitas Abulyatama Jurnal Dedikasi Pendidikan penerapan sistem pembelajaran daring PADA. 8848(2), 323–332.

Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal InovasiVokasionalDanTeknologi,17(2),110.https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75

Ansong, E., Boateng, R., Boateng, S. L., & Anderson, A. B. (2017). The nature of E-learning adoption by stakeholders of a university in Africa. E-Learning andDigitalMedia,14(4),226–243. https://doi.org/10.1177/2042753017731235

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Rajawali pers.

Brophy, J. (2010). motivating student and literacy studies (Routledge (ed.) Abingdon - on Themes.

Dharma. (2015a). Metodologi Penelitian Keperawatan (E. H. P. (ed).

Faisal, M. D. A. (2020). Efektivitas Proses Belajar Melalui Aplikasi ZoomDiMasaPandemi Covid-19 M. Darul Aksan Faisal. 2.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara.

Haqien, D., Rahman, A. A., & Sejarah, P. (2020). Pemanfaatan zoom meeting untuk proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19. 5(1).

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Hayati, N. (2020). Metode Pembelajaran Daring. E-Learning Yang Efektif. Bali: Jurusan Ilmu Pendidikan …, April.

Hujair Ah, S. (2013). Media Pembelajaran: mecinptakan proses belajar mengajar yang Kreatif - inovatif. Kaukaba Dipantara.

Iskandar, Syarifah Masthura, C. O. (2020). Universitas Abulyatama Jurnal Dedikasi Pendidikan penerapan sistem pembelajaran daring PADA. 8848(2), 323–332.

Kompri. (2015). motivasi pembelajaran perspektif guru dan siswa. Remaja Rosdakarya.

Kusuma, j. w. (2020). platform whatsapp group dan webinar zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik COVID 19 Universitas Bina Bangsa , Serang email : jakawijayak@gmail.com Universitas Bina Bangsa , Serang email : shiroimida@gmail.com Abstrak PENDAHULUAN Ditengah wa. 5.

Larasati, N. A., & Andayani, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Learning Management System (LMS) Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode DeLone and McLean. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 4(1), 13–20.

Latipah, E. (2012). Pengantar Psikologi Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif (Pedagogia).

Lee, J., & Martin, L. (2017). Investigating students’ perceptions of motivating factors of online class discussions. International Review of Research in Open andDistanceLearning,18(5),148172.https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i5.2883

Lili darliah. (2016). Pengaruh kualitas informasi dan penggunaan e-learning terhadap prestasi belajar dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening.RevistaBrasileiradeErgonomia,9(2),10. https://doi.org/10.5151/cidi2017-060

Mendar, A. S. (2015). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XIII, No.2, Tahun 2015. XIII(2).

Mudjiono, D. dan. (2013). Belajar & Pembelajaran. Rineka cipta.

Nakayama, M., Mutsuura, K., & Yamamoto, H. (2014). Impact of learner’s characteristics and learning behaviour on learning performance during a fully online course. Electronic Journal of E-Learning, 12(4), 394–408.

Nisaa, A., Mu, A., Fisika, P., & Flores, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores. 6(1), 34–38.

Nu’man, A. Z. (2015). Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus : Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo). Journal of Chemical Information andModeling,53(9),1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (edisi 4 (e). Salemba Medika.

Ramadhani, K. L. (2020). Analisis Kecemasan Belajar Siswa/Mahasiswa Terhadap Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting. Journal of Education 1,1(May),26.https://www.researchgate.net/publication/341591611_analisis_kecemasan_belajar_siswamahasiswa_terhadap_penggunaan_aplikasi_zoom_cloud_meeting

Sadirman. (2016). interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali pers.

Samir Abou El-Seoud, M., Taj-Eddin, I. A. T. F., Seddiek, N., El-Khouly, M. M., & Nosseir, A. (2014). E-learning and students’ motivation: A research study on the effect of e-learning on higher education. International Journal of EmergingTechnologiesinLearning,9(4),20–26. Https://doi.org/10.3991/ijet.v9i4.3465

Schunk, D. H., Mee, J, R. & P. (2014). motivation in education: theory, researh, and application (p. 4th Ed). pearson.

suhery, t. j. p. & j. (2020). sosialisasi penggunaan aplikasi zoom meeting dan google classroom pada guru di sdn 17 mata air padang selatan. 1(3), 1–4.

Suwastika, I. W. K. (2018). Pengaruh E-Learning Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sistem Dan Informatika, 13(1), 1–5.

Tastra, S. &. (2018). E-learning Berbasis Moodle. Rineka cipta.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis d). Bumi Aksara.

Yani Fitriyani, Irfan Fauzi, M. Z. S. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19 Yani. 6(2), 165–175.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v12i2.900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats