FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KETUBAN PECAH DINI PADA IBU BERSALIN DI RUMAH SAKIT UMUM NURUL HASANAH KUTACANE

Novrial ,, Iting ,, Uci Lestari

Abstract


Abstrak

Ketuban Pecah Dini (KPD) didefinisikan sebagai pecahnya ketuban sebelum waktunya melahirkan. Penyebab kematian ibu pada tahun 2010 menurut WHO adalah perdarahan 28%, KPD 20%, eklampsia 12%, abortus 13%, partus lama 18% dan penyebab lainnya 2%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor- faktor yang berhubungan dengan kejadian ketuban pecah dini pada ibu bersalin di Rumah Sakit Umum Nurul Hasanah Kutacane. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan case control study. Populasi seluruh ibu bersalin ruang kebidanan di Rumah Sakit Umum  yang berjumlah 366 orang. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 74 responden (37 Kelompok kasus dan 37 kelompok kontrol). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Quota Sampling. Data dikumpulkan dengan cara studi dokumentasi rekam medis.Hasil penelitian ditemukan Tidak ada hubungan yang bermakna anemia (p= 1,000) dengan KPD, ada hubungan signifikan kelainan letak janin (p= 0,036) dengan KPD. Tidak ada hubungan yang bermakna usia ( p= 0,087) dengan kejadian KPD. Kesimpulan penelitian didapatkan tidak ada hubungan yang bermakna antara anemia dengan kejadian ketuban pecah dini. Ada hubungan yang bermakna antara kelainan letak dengan kejadian ketuban pecah dini. Tidak ada hubungan yang bermakna antara usia ibu dengan kejadian ketuban pecah. Disarankan bagi tenaga kesehatan dapat menentukan tindakan preventif dan promotif dalam memberikan informasi tentang risiko dan tanda gejala terjadinya ketuban pecah dini.

Kata kunci : Ketuban Pecah Dini; Anemia; Kelaianan Letak; Usia Ibu

 

Abstrack

Premature rupture of membranes (PROM) is defined as the rupture of the membranes before the time of delivery. According to WHO, the causes of maternal death in 2010 were bleeding 28%, KPD 20%, eclampsia 12%, abortion 13%, prolonged labor 18% and other causes 2%. This study was conducted to determine the factors associated with the incidence of premature rupture of membranes in mothers giving birth at Nurul Hasanah Kutacane General Hospital. This type of quantitative research with a case control study approach. The population of all mothers giving birth in the obstetric room at the General Hospital is 366 people. The number of samples in this study were 74 respondents (37 case groups and 37 control groups). The sampling technique in this study is Quota Sampling. Data was collected by means of a study of medical record documentation. The results of the study found that there was no significant association between anemia (p = 1.000) and PROM, there was a significant association with abnormalities in fetal position (p = 0.036) with PROM. There was no significant relationship between age (p = 0.087) and the incidence of KPD. The conclusion of the study was that there was no significant relationship between anemia and the incidence of premature rupture of membranes. There is a significant relationship between the abnormal location and the incidence of premature rupture of membranes. There is no significant relationship between maternal age and the incidence of ruptured membranes. It is recommended for health workers to determine preventive and promotive actions in providing information about the risks and signs and symptoms of premature rupture of membranes.

Key words: Premature rupture of membranes;  Anemia;  Abnormalities;  Maternal Age


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dartiwen., dan Yati., 2020. Asuhan Kebidanan dan Kehamilan. Yogyakarta: Andi.

Devi, Tria E.R dan Izzah., 2018 faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian ketuban pecah dini di RSIA Kenari Graha Medika Cileungsi-Bogor

Endah, D. P., 2017. Hubungan Anemia Dengan Kejadian Ketuban Pecah Dini Pada Ibu Bersalin Di Rsud Muntilan. Universitas „Aisyiyah Yogyakarta.

Endang, P., dan Elisabeth., 2015. Ilmu Obstetrik dan ginekologi sosial bagi kebidanan. Yogyakarya: Pustakabaruptess.

Huda, N., 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketuban Pecah Dini di RS PKU Muhammadiyah Surakarta.. Muhammadiyah Surakarta.

Johnson, Joyce Y., 2014. Keperawatan Maternitas. Yogyakarta: Rapha Publishing. KBBI online. Umur. Tersedia pada link: https://kbbi.web.id/umur.

Kementrian Kesehatan RI., 2017. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta: Kemenkes RI.

Kementrian Kesehatan RI., 2020. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. Jakarta: Kemenkes RI.

Manuaba IBG., 2010. Ilmu Kebidanan, Penyakit kandungan, dan KB Untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC.

Maryunani, A,. dan Yulianingsih., 2016. Asuhan Kegawatdaruratan Dalam Kebidanan. Jakarta: Trans Info Media.

Meidya, A.P., dan Fatimah., 2020. Patologi Kehamilan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Mitayani., 2011. Asuhan Keperawatan Maternitas. Jakarta: Salemba Medika.

Nakubulwa, S., 2015. Genital Infektions And Risk of Premature Rupture of Membrane. Uganda .

Negara, K.S., dkk. 2017. Buku Ajar Ketuban Pecah Dini. Denpasar.

Notoadmojo, S., 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta : Jakarta.

Nugroho, S., 2011. Ginekologi dan Obstetri. Yogyakarta: Nuha Salemba

Nugroho, S., 2012. Obstetri dan Ginekologi untuk Kebidanan dan Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Prawirohardjo, S., Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pusaka.

Ridwan, M dan Herlina., 2014. Hubungan Kehamilan Ganda Dan Kelainan Letak Janin Dengan Kejadian Ketuban Pecah Dini Di Rsud Demang Sepulau Raya Lampung Tengah. Program Studi Kebidanan Metro Poltekkes Kemenkes Tajungkarang. Vol.7, No.2 Edisi Desember 2014.

Salat, Sri Yunita S, 2017. Hubungan paritas dan kelainan letak dengan kejadian ketuban pecah dini pada ibu bersalin di RSI Garam Kalianget.

Sari, N.P., 2016. hubungan usia ibu dan paritas dengan kejadian ketuban pecah dini di rsud banjarbaru. Akademi Kebidana Banua Bina Husada.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta..

Ulfa, R.R., dan Rodiyani. 2020. Hubungan Paritas Dengan Kejadian Ketuban Pecah Dini DI RSUD Abdul Moeloek Periode Maret-Agustus 2017. Fakultas Kedokteran. Universitas Lampung. Vol.9, No.4, Januari 2020.

Wahyuni, Aknes Ika. 2019. Hubungan anemia ibu hamil trimester iii dengan kejadian ketuban pecah dini di rsud panembahan senopati tahun 2018. Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Yogyakarta.

WHO, 2020, Trend in Maternal Mortality 2000 to 2017. WHO.

WHO. 2015. Maternal Mortality. Geneva. World Health Organization.

Yeyeh, Ai Rukiyah dan Lia 2019. Asuhan Kebidanan Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal. Jakarta: CV.Trans Info Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jsm.v6i1.1811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Published by Stikes Syedza Saintika Padang 

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Phone: 082384992512
Email: [email protected]


  

View My Stats