FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSIA SITI HAWA KOTA PADANG
Abstract
Kualitas pelayanan kesehatan yang baik menjadi hal yang sangat penting dalam organisasi pelayanan
kesehatan, peningkatan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan pelayanan kesehatan mendorong
setiap organisasi pelayanan kesehatan untuk sadar mutu dalam memberikan pelayanan kepada pengguna
jasa organisasi pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kebidanan Diruang Bersalin RSIA Siti Hawa Kota
Padang Tahun 2022. Jenis penelitian analitik dengan desain crossectional. Populasi adalah seluruh Ibu
bersalin yang ada di Ruang Rawatan RSIA Siti Hawa Kota Padang yang berjumlah 1328 orang. sebanyak
86 orang ibu bersalin dijadikan sampel yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian
dilakukan pada bulan Oktober sampai Januari 2023. Analisa data secara univariat dan bivariat menggunkan
uji Chi-square. Hasil penelitian diperoleh di RSIA Siti Hawa Kota Padang: 15,3 % responden merasakan
kepuasan yang kurang baik, 16,3% responden dengan persepsi yang kurang baik tentang wujud fisik, 10,5%
responden dengan persepsi yang kurang baik tentang kehandalan, 24,4% responden dengan persepsi yang
kurang baik tentang daya tanggap, 18,6% responden dengan persepsi yang kurang baik tentang emphaty.
Hasil uji statistik menunjukan wujud fisik ( p value = 0,000), kehandalan ( p value = 0,159), daya tanggap
( p value = 0,000), empaty ( p value = 0,000). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel wujud fisik,
daya tanggap dan empaty berhubungan dengan kepuasan pasien di RSIA Siti Hawa Kota Padang ( p value
< 0,05).
Kata kunci : Kepuasan pasien, wujud fisik, daya tanggap, kehandalan, empati
Full Text:
PDFReferences
Betty, B. (2017). Hubungan discharge
planning dengan kualitas hidup pasien
pasca stroke di Poli Neurologi RSAM
Bukittinggi tahun 2016. Jurnal
Kesehatan, 8(1).
Kismanto, J., & Suryo Murtopo, A. (2023).
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR
KUALITAS PELAYANAN
TERHADAP KEPUASAN PASIEN
RAWAT INAP DI RSUD
KARANGANYAR. Jurnal Kesehatan
Kusuma Husada, 106–116.
https://doi.org/10.34035/jk.v14i1.928
Ndruru, D. L. P., Wau, H., & Manalu, P.
(2019). HUBUNGAN KUALITAS
PELAYANAN PERSALINAN
DENGAN KEPUASAN IBU
BERSALIN DI RUMAH SAKIT IBU
DAN ANAK (RSIA) SRIRATU
MEDAN TAHUN 2019. Preventia :
The Indonesian Journal of Public
Health, 4(2), 99.
https://doi.org/10.17977/um044v4i2p9
-109
Purwaningrum, R. (2020). ANALISIS
MUTU PELAYANAN TERHADAP
KEPUASAN PASIEN DI RUMAH
SAKIT PERTAMINA BINTANG
AMIN BANDAR LAMPUNG TAHUN
Jurnal Ilmu Kedokteran Dan
Kesehatan, 7(1).
https://doi.org/10.33024/jikk.v7i1.2418
Rizal, A., & Riza, Y. (2014). HUBUNGAN
KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT
KEPUASAN PASIEN DI BP.GIGI
PUSKESMAS KELAYAN DALAM
KOTA BANJARMASIN. Jurnal
Kesehatan Masyarakat, 1(1).
Sitompul, O. H., Faridah, I., & Afiyanti, Y.
(2020). Literatur Review Pengaruh
Discharge Planning dengan Kualitas
Hidup Pasien Stroke. Jurnal Ilmu
Kesehatan Indonesia (JIKSI), 1(2).
https://doi.org/10.57084/jiksi.v1i2.413
Sutopo, E., Sudarwati, S., & Istiqomah, I.
(2019). PENGARUH MANAJEMEN
MUTU DAN KUALITAS
PELAYANAN TERHADAP
KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP
DI RSUD KABUPATEN
KARANGANYAR. JURNAL ILMIAH
EDUNOMIKA, 3(01).
https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.451
Utami, A. T., Ismanto, H., & Lestari, Y.
(2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan
terhadap Kepuasan Pasien. JKMP
(Jurnal Kebijakan Dan Manajemen
Publik), 1(1), 83–96.
https://doi.org/10.21070/jkmp.v1i1.429
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jsm.v6i2.2116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Published by Stikes Syedza Saintika Padang
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STIKes SYEDZA Saintika Padang
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Phone: 082384992512
Email: lppmsyedza@gmail.com
View My Stats