FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSIA SITI HAWA KOTA PADANG

Silvi Zaimy, Ika Yulia Darma, Meldafia Idaman

Abstract


Kualitas pelayanan kesehatan yang baik menjadi hal yang sangat penting dalam organisasi pelayanan
kesehatan, peningkatan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan pelayanan kesehatan mendorong
setiap organisasi pelayanan kesehatan untuk sadar mutu dalam memberikan pelayanan kepada pengguna
jasa organisasi pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kebidanan Diruang Bersalin RSIA Siti Hawa Kota
Padang Tahun 2022. Jenis penelitian analitik dengan desain crossectional. Populasi adalah seluruh Ibu
bersalin yang ada di Ruang Rawatan RSIA Siti Hawa Kota Padang yang berjumlah 1328 orang. sebanyak
86 orang ibu bersalin dijadikan sampel yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian
dilakukan pada bulan Oktober sampai Januari 2023. Analisa data secara univariat dan bivariat menggunkan
uji Chi-square. Hasil penelitian diperoleh di RSIA Siti Hawa Kota Padang: 15,3 % responden merasakan
kepuasan yang kurang baik, 16,3% responden dengan persepsi yang kurang baik tentang wujud fisik, 10,5%
responden dengan persepsi yang kurang baik tentang kehandalan, 24,4% responden dengan persepsi yang
kurang baik tentang daya tanggap, 18,6% responden dengan persepsi yang kurang baik tentang emphaty.
Hasil uji statistik menunjukan wujud fisik ( p value = 0,000), kehandalan ( p value = 0,159), daya tanggap
( p value = 0,000), empaty ( p value = 0,000). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel wujud fisik,
daya tanggap dan empaty berhubungan dengan kepuasan pasien di RSIA Siti Hawa Kota Padang ( p value
< 0,05).
Kata kunci : Kepuasan pasien, wujud fisik, daya tanggap, kehandalan, empati


Full Text:

PDF

References


Betty, B. (2017). Hubungan discharge

planning dengan kualitas hidup pasien

pasca stroke di Poli Neurologi RSAM

Bukittinggi tahun 2016. Jurnal

Kesehatan, 8(1).

Kismanto, J., & Suryo Murtopo, A. (2023).

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR

KUALITAS PELAYANAN

TERHADAP KEPUASAN PASIEN

RAWAT INAP DI RSUD

KARANGANYAR. Jurnal Kesehatan

Kusuma Husada, 106–116.

https://doi.org/10.34035/jk.v14i1.928

Ndruru, D. L. P., Wau, H., & Manalu, P.

(2019). HUBUNGAN KUALITAS

PELAYANAN PERSALINAN

DENGAN KEPUASAN IBU

BERSALIN DI RUMAH SAKIT IBU

DAN ANAK (RSIA) SRIRATU

MEDAN TAHUN 2019. Preventia :

The Indonesian Journal of Public

Health, 4(2), 99.

https://doi.org/10.17977/um044v4i2p9

-109

Purwaningrum, R. (2020). ANALISIS

MUTU PELAYANAN TERHADAP

KEPUASAN PASIEN DI RUMAH

SAKIT PERTAMINA BINTANG

AMIN BANDAR LAMPUNG TAHUN

Jurnal Ilmu Kedokteran Dan

Kesehatan, 7(1).

https://doi.org/10.33024/jikk.v7i1.2418

Rizal, A., & Riza, Y. (2014). HUBUNGAN

KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT

KEPUASAN PASIEN DI BP.GIGI

PUSKESMAS KELAYAN DALAM

KOTA BANJARMASIN. Jurnal

Kesehatan Masyarakat, 1(1).

Sitompul, O. H., Faridah, I., & Afiyanti, Y.

(2020). Literatur Review Pengaruh

Discharge Planning dengan Kualitas

Hidup Pasien Stroke. Jurnal Ilmu

Kesehatan Indonesia (JIKSI), 1(2).

https://doi.org/10.57084/jiksi.v1i2.413

Sutopo, E., Sudarwati, S., & Istiqomah, I.

(2019). PENGARUH MANAJEMEN

MUTU DAN KUALITAS

PELAYANAN TERHADAP

KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP

DI RSUD KABUPATEN

KARANGANYAR. JURNAL ILMIAH

EDUNOMIKA, 3(01).

https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.451

Utami, A. T., Ismanto, H., & Lestari, Y.

(2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan

terhadap Kepuasan Pasien. JKMP

(Jurnal Kebijakan Dan Manajemen

Publik), 1(1), 83–96.

https://doi.org/10.21070/jkmp.v1i1.429




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jsm.v6i2.2116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Published by Stikes Syedza Saintika Padang 

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Phone: 082384992512
Email: lppmsyedza@gmail.com


  

View My Stats