FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR KELAS VI SDN 20 INDARUNG PADANG

Metha Kemala Rahayu Syafwan, Miswarti Miswarti, Ridhyalla Afnuhazi

Abstract


Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar.
Hasil belajar pada anak usia sekolah mempengaruhi kualitas siswa, untuk menciptakan SDM
yang berkompeten dan berkualitas. Berdasarkan data dinas pendidikan Kota Padang lulusan
SDN 20 Indarung Padang didapatkan sebagian kecil yang dapat diterima di sekolah lanjutan
favorit. Siswa memiliki nilai dengan rentang nilai (rata-rata 75-85). Tujuan penelitian yaitu
untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VI SDN 20
Indarung Padang Tahun 2024. Jenis penelitian adalah deskriptif analitik dengan desain cross
sectional study dilaksanakan di SDN 20 Indarung Padang pada bulan Februari-September 2024.
Populasi adalah siswa kelas VI SDN 20 Indarung Padang, sampel berjumlah 58 siswa.
Langkah-langkah dalam pengolahan data yaitu editing, coding, entry dan cleaning. Analisa data
univariat dengan distribusi frekuensi dan analisa bivariat dengan uji-square dengan tingkat
kepercayaan 95%. Hasil penelitian 44,8% siswa kelas VI dengan hasil belajar baik, 60,3%
dengan pola asuh demokratis, 56,9% dengan orang tua yang tidak bekerja, 56,9% dengan
lingkungan keluarga yang baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan
hasil belajar (nilai p=0,000), status pekerjaan dengan hasil belajar (nilai p=0,001), dan tidak
ada hubungan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar (nilai p = 0,265).
Melalui kepala sekolah, agar guru dapat menjalin hubungan dengan keluarga siswa sehingga
dapat bekerja sama dalam mengatasi masalah yang bersangkutan dengan hasil belajar siswa
untuk dicarikan solusinya. Peneliti selanjutnya dapat menjadikan dasar penelitian ini dalam
melakukan penelitian selanjutnya terkait hasil belajar siswa dan mengatasi masalah belajar
dengan metode yang berbeda.
Kata Kunci : hasil belajar, pola asuh, status pekerjaan, lingkungan keluarga


Full Text:

PDF

References


Ahmad Dahlan. (2014). Definisi Hasil

dan Prestasi Belajar dan Faktor-

Faktor Prestasi Belajar

Artikel Pendidikan. (2015). Pengertian

Hasil Belajar Menurut

Para.Ahli.http://www.wawasanpend

idikan.com/2015/09/pengertianprest

asi-belajar-menurut ahli

Azhar. (2022). Definisi, Pengertian dan

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Hasil Belajar : Jakarta

Depkes RI. (2021) Anak usia sekolah,

Jakarta

Depdiknas. (2015). Hasil Belajar.

kemampuan berfikir dan analisis.

prestasi efektif sikap tingkah laku.

Jakarta: Dektorat Jendral.

Elizabeth. (2023). Hubungan Pola Asuh

orang tua yang bekerja dengan

tingkat kecerdasan anak usia

sekolah di SDN Malang.

Gagne, dkk. (2021). Hasil Belajar

mempengaruhi Kualitas siswa

Hurlock, B. (2022). Perkembangan

Anak. Jakarta : FKUI

Kemenkes RI. (2021). Hasil Belajar

anak usia sekolah

Kriswanto, dkk. (2016). Pola

Perkembangan Anak Usia Sekolah

Mardlis. (2018). Metode Penelitian

Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta:

Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jsm.v7i2.2890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Published by Stikes Syedza Saintika Padang 

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Phone: 082384992512
Email: lppmsyedza@gmail.com


  

View My Stats