PENGARUH VIDEOTHERAPY TERHADAP KESADARAN ANTI-BULLYING DI SEKOLAH PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 05 KP JAWA KOTA PARIAMAN
Abstract
Latar Belakang : Secara global prevalensi kasus bullying di kalangan anak usia sekolah
menunjukkan tren yang mengkhawatirkan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang
menjadi korban bullying sering mengalami dampak negatif secara emosional, sosial, dan akademis.
Mereka dapat mengalami stres, kecemasan, depresi, bahkan dalam kasus ekstrem, menyebabkan
isolasi dan bahaya kesehatan mental yang lebih serius. Selain itu, lingkungan sekolah yang
tidak aman dan terancam oleh kekerasan juga dapat mengganggu proses pembelajaran dan
menciptakan ketidaknyamanan yang meluas di antara siswa. Peningkatan kesadaran anti-bullying yang
dilakukan dengan pemutaran video dalam psikoterapi disebut juga dengan Videotherapy. Videotherapy
adalah sebuah teknologi terbaik dalam proses dan kemajuan dari psikoterapi. Video memiliki kelebihan
mem-feedback kembali perasaan, emosi dan masalah yang dihadapi klien melalui penayangan video.
Video efektif membantu mengatasi masalah klien yang dihadapi melalui penayangan video yang sesuai
dengan masalah klien. Tujuan Penelitian ini untuk megetahui pengaruh vidiotherapy terhadap kesadaran
anti – bullying di sekolah pada anak usia sekolah di SDN 05 Kp Jawa Kota Pariaman.Metode Penelitian
: Desain penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan pendekatan one-group pretest-posttes
design.Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2023 sampai dengan Agustus 2024. Pengambilan
data dilakukan pada tanggal 22 Juli – 25 Juli 2024. Sampel pada penelitian ini berjumlah 18 orang
responden.Hasil Penelitian : Uji statistik dengan menggunakan uji paired t-test dan didapatkan hasil p
value 0,000 artinya terdapat pengaruh rerata skor sebelum dan sesudah dilakukan videotherapy terhadap
kesadaran anti-bullying di SDN 05 Kp Jawa Kota Pariaman. Kesimpulan : Adanya pengaruh
vidiotherapy terhadap kesadaran anti-bulying
Keyword : Anak Usia Sekolah, Bulying, Vidiotherapy
Full Text:
PDFReferences
dit, G. N., Hendriana, H., & Rosita, T.
(2019). Bimbingan Kelompok Dengan
Teknik Role Playing Untuk Mengurangi
Perilaku Bullying Pada Peserta Didik
Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Volume 7 Nomor 2 | https://jurnal.syedzasaintika.ac.id
Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
November 2024
e-ISSN:2655-5840
p-ISSN :2655-9641S
E
K
O
L
A
H
T
I
N
G
G
I
I
L
M
U
K
E
S
E
H
A
T
A
N
S
Y
E
D
Z N
A
S
A
I
T
I
K
A
Smp “X” Di Kota Bandung. FOKUS
(Kajian Bimbingan & Konseling Dalam
Pendidikan), 2(6), 213.
https://doi.org/10.22460/fokus.v2i6.353
Alisyahbana, I. B., Sartinah, E. P., & ...
(2021). Meningkatkan Kesadaran Anti-
Bullying melalui Bimbingan Kelompok
dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa
SMA Negeri 1 Gedeg Kelas XI IPS.
MODELING: Jurnal …, 8, 88–108.
http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/i
ndex.php/modeling/article/view/771%0
Ahttp://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.i
d/index.php/modeling/article/download/
/580
Anti Bullying Sebagai Penguatan
Pendidikan Karakter Bagi Siswa Di
Guntur Demak, E., Illiyyah, N., Ananda
Putri, M., Aulia Mahfiroh, L., Khoirur
Rofiq, M., Islam Negeri Walisongo, U.,
& Tengah, J. (2023). Bullying
Prevention Education As Strengthening
Character Education For Students In
Guntur Demak. Jurnal Pengabdian Pada
Masyarakat Indonesia (JPPMI), 2(5),
–29.
https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i5.832
Clara Yuniati. (2023). Reaktualisasi
Pendidikan Akhlak Dalam Upaya
Pencegahan Terhadap Maraknya Isu
Bullying Di Dunia Pendidikan. Pendas :
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
(September), 1–23.
Damayanti, S., Okta N. S., & Kesuma B.
(2020). Perlindungan Hukum Terhadap
Korban Bullying di Sekolah. Jurnal
Rechtens, 9(2), 153–168.
Fajriati, R., Asyura, F., Ilhamsyah, P., &
Visual, M. A. (2023). EDUKASI
BULLYING MENGGUNAKAN
MEDIA AUDIO VISUAL PADA
Bullying Education Using Visual Audio
Media for Visual Grade SD Students
Mis Hafizh Cendekia Banda Aceh.
(April).
Harahap, J., Hakimah, N., Nasution, A., &
Harahap, A. M. (2024). Pelatihan
Penanggulangan Perundungan di
Kalangan Siswa Di SD Negeri 1505
Pasir Julu Kecamatan Sosa Kabupaten
Padang Lawas. April, 142–146.
Hayati, N., Zaen, N. L., Rangkuti, S., &
Saragi, D. S. (2023). Penyuluhan
Pendidikan Kesehatan Terhadap
Perilaku Teman Sebaya Dengan
Kejadian Bullying Pada Remaja Di
SMA Yayasan Pendidikan Keluarga
Medan. TRIDARMA: Pengabdian
Kepada Masyarakat (PkM), 6(1), 12–17.
https://doi.org/10.35335/abdimas.v6i1.3
Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2023).
Peningkatan Kesadaran Anti- Bullying
Melalui Teknik Sosiodrama Pada Siswa
Tita Astria Guru MTs N 1 Pangandaran.
(2), 615–632.
Karyanti, & Aminudin. (2019).
Cyberbullying & Body Shaming.
Kusumawardani, L. H., Dewanti, B. R.,
Maitsani, N. A., Dewantari, A. C.,
Laksono, A. D., Saraswati, G. I.,
Nugroho, K. A., Lestari, A. D., & Laila,
N. R. (2020). Peningkatan Pengetahuan
Pencegahan Perilaku Bullying Melalui
Metode Edukasi Dan Role Play Pada
Anak Usia Sekolah Pendahuluan. 15(2),
–170.
Linasari, T. (2016). Keefektifan
videotherapy dalam menumbuhkan
kesadaran anti-bullying pada siswa kelas
V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, 36(5), 3438–3448.
Mardiyah, S., & Abdul Syukur, B. (2020).
Pengaruh Edukasi Dengan Metode Role
Play Terhadap Peningkatan
Pengetahuan Tentang Pencegahan
Bullying Pada Anak Sekolah Dasar.
Jurnal Kesehatan Kusuma Husada,
Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Volume 7 Nomor 2 | https://jurnal.syedzasaintika.ac.id
Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
November 2024
e-ISSN:2655-5840
p-ISSN :2655-9641S
E
K
O
L
A
H
T
I
N
G
G
I
I
L
M
U
K
E
S
E
H
A
T
A
N
S
Y
E
D
Z N
A
S
A
I
T
I
K
A
, 99–104.
https://doi.org/10.34035/jk.v11i1.426
NAJWA, L., ARYANI, M., SUHARDI,
M., PURMADI, A., & GARNIKA, E.
(2023). Sosialisasi Pencegahan Perilaku
Bullying Melalui Edukasi Pendidikan
Karakter Dan Pelibatan Orang Tua.
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat, 3(1), 13–17.
https://doi.org/10.51878/community.v3i
2330
Nandya, A. B., Putra, I. D. A. D.,
Komariah, S. H., Studi, P., Komunikasi,
D., Kreatif, F. I., & Telkom, U. (2017).
Perancangan buku cerita bergambar
tentang edukasi pencegahan bullying
untuk anak sekolah dasar. EProceedings
of Art & Design, 4(3), 817–823.
Nikmah, W. K. K. (2022). Bimbingan dan
konseling Islam dengan video terapi
untuk mengelola emosi negatif pada istri
di Desa Sukosari Lamongan.
http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/5542
%0Ahttp://digilib.uinsby.ac.id/55426/
/Wiwit Khofifah Khoirun
Nikmah_B73218117 ok.pdf
Notoatmodjo. (2018). Metodologi
penelitian kesehatan.
Novitasari, S., Ferasinta, F., & Padila, P.
(2023). Faktor Media terhadap Kejadian
Bullying pada Anak Usia Sekolah. Jurnal
Kesmas Asclepius, 5(1), 1–7.
https://doi.org/10.31539/jka.v5i1.5702
Perdana, D. Y., Yusitarini, A., Istighfari, N.
U., & Safaria, T. (2023). Edukasi
Membangun Kesadaran Anti-Bullying di
Sekolah pada Siswa SMP
Muhammadiyah 2 Kalasan. Jurnal Kabar
Masyarakat, 1(3), 186–198.
https://doi.org/10.54066/jkb.v1i3.590
Pristia, A. N. (2022). Efektivitas
Videotherapy dalam Menumbuhkan
Kesadaran Sikap Anti-Bullying pada
Peserta Didik MTsN 2 Aceh Besar. 1–79.
https://repository.ar-
raniry.ac.id/30485/1/ayu uplod.pdf
Putra Sambas, E. (2020). Pengaruh
Videotherapy Terhadap Pengetahuan Dan
Kesadaran Anti-Bullying Di Sekolah
Pada Anak Usia Sekolah Di SD Negeri 02
Lubuk Buaya Kota Padang {Skripsi
Sarjana, Tidak Dipublikasikan}.
Rahayu, S., Nugraeni, D. P., Jarak, P.,
Prodi, J., Guru, P., Anak, P., Dini, U., &
Keguruan, F. (2023). Dampak Perilaku
Bullying dan Peran Penting Satuan PAUD
dalam Upaya Pencegahan Bullying pada
Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 4(3),
–152. https://e-
journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/vi
ew/2928
Ramadhani, S., & Sari, I. P. (2024).
Dampak Psikologis Dan Hukuman Bagi
Prilaku Bullying Terhadap Anak Di
Sekolah SMK BBC Medan. 5(2), 58–63.
Rena, S., Marfita, R., & Padilah, S. (2021).
Ponny Retno Astuti, Cara Meredam
Bullying (Jakarta: PT. Gramedia
Widasarana Indonesia, 2008), 2. 1 78.
Jurnal Pemikiran Keislaman Dan
Kemanusiaan, 5(1), 78–88.
Ronaldy, M., Idham, F., & Budianto, H.
(2023). METODE ILMIAH DAN
PENELITIAN.
Sa’ida, N., & Kurniawati, T. (2023).
Edukasi Stop Bullying Pada Anak.
Journal Community Service Consortium,
(2).
https://doi.org/10.37715/consortium.v3i2.
Siswati, Y., & Saputra, M. (2023). Peran
Satuan Tugas Anti Bullying Sekolah
dalam Mengatasi Fenomena Perundungan
di Sekolah Menengah Atas. Penelitian
Pendidikan Pancasila Dan
Kewarganegaraan, 3(7), 1–10.
https://journal.actual-
insight.com/index.php/decive/article/vie
w/1656
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jsm.v7i2.2891
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Published by Stikes Syedza Saintika Padang
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STIKes SYEDZA Saintika Padang
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Phone: 082384992512
Email: lppmsyedza@gmail.com
View My Stats