PENGARUH VIDEOTHERAPY TERHADAP KESADARAN ANTI-BULLYING DI SEKOLAH PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 05 KP JAWA KOTA PARIAMAN

Nurleny Nurleny, Hidayati Hidayati

Abstract


Latar Belakang : Secara global prevalensi kasus bullying di kalangan anak usia sekolah
menunjukkan tren yang mengkhawatirkan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang
menjadi korban bullying sering mengalami dampak negatif secara emosional, sosial, dan akademis.
Mereka dapat mengalami stres, kecemasan, depresi, bahkan dalam kasus ekstrem, menyebabkan
isolasi dan bahaya kesehatan mental yang lebih serius. Selain itu, lingkungan sekolah yang
tidak aman dan terancam oleh kekerasan juga dapat mengganggu proses pembelajaran dan
menciptakan ketidaknyamanan yang meluas di antara siswa. Peningkatan kesadaran anti-bullying yang
dilakukan dengan pemutaran video dalam psikoterapi disebut juga dengan Videotherapy. Videotherapy
adalah sebuah teknologi terbaik dalam proses dan kemajuan dari psikoterapi. Video memiliki kelebihan
mem-feedback kembali perasaan, emosi dan masalah yang dihadapi klien melalui penayangan video.
Video efektif membantu mengatasi masalah klien yang dihadapi melalui penayangan video yang sesuai
dengan masalah klien. Tujuan Penelitian ini untuk megetahui pengaruh vidiotherapy terhadap kesadaran
anti – bullying di sekolah pada anak usia sekolah di SDN 05 Kp Jawa Kota Pariaman.Metode Penelitian
: Desain penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan pendekatan one-group pretest-posttes
design.Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2023 sampai dengan Agustus 2024. Pengambilan
data dilakukan pada tanggal 22 Juli – 25 Juli 2024. Sampel pada penelitian ini berjumlah 18 orang
responden.Hasil Penelitian : Uji statistik dengan menggunakan uji paired t-test dan didapatkan hasil p
value 0,000 artinya terdapat pengaruh rerata skor sebelum dan sesudah dilakukan videotherapy terhadap
kesadaran anti-bullying di SDN 05 Kp Jawa Kota Pariaman. Kesimpulan : Adanya pengaruh
vidiotherapy terhadap kesadaran anti-bulying
Keyword : Anak Usia Sekolah, Bulying, Vidiotherapy


Full Text:

PDF

References


dit, G. N., Hendriana, H., & Rosita, T.

(2019). Bimbingan Kelompok Dengan

Teknik Role Playing Untuk Mengurangi

Perilaku Bullying Pada Peserta Didik

Jurnal Kesehatan Saintika Meditory

Volume 7 Nomor 2 | https://jurnal.syedzasaintika.ac.id

Jurnal Kesehatan Saintika Meditory

November 2024

e-ISSN:2655-5840

p-ISSN :2655-9641S

E

K

O

L

A

H

T

I

N

G

G

I

I

L

M

U

K

E

S

E

H

A

T

A

N

S

Y

E

D

Z N

A

S

A

I

T

I

K

A

Smp “X” Di Kota Bandung. FOKUS

(Kajian Bimbingan & Konseling Dalam

Pendidikan), 2(6), 213.

https://doi.org/10.22460/fokus.v2i6.353

Alisyahbana, I. B., Sartinah, E. P., & ...

(2021). Meningkatkan Kesadaran Anti-

Bullying melalui Bimbingan Kelompok

dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa

SMA Negeri 1 Gedeg Kelas XI IPS.

MODELING: Jurnal …, 8, 88–108.

http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/i

ndex.php/modeling/article/view/771%0

Ahttp://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.i

d/index.php/modeling/article/download/

/580

Anti Bullying Sebagai Penguatan

Pendidikan Karakter Bagi Siswa Di

Guntur Demak, E., Illiyyah, N., Ananda

Putri, M., Aulia Mahfiroh, L., Khoirur

Rofiq, M., Islam Negeri Walisongo, U.,

& Tengah, J. (2023). Bullying

Prevention Education As Strengthening

Character Education For Students In

Guntur Demak. Jurnal Pengabdian Pada

Masyarakat Indonesia (JPPMI), 2(5),

–29.

https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i5.832

Clara Yuniati. (2023). Reaktualisasi

Pendidikan Akhlak Dalam Upaya

Pencegahan Terhadap Maraknya Isu

Bullying Di Dunia Pendidikan. Pendas :

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

(September), 1–23.

Damayanti, S., Okta N. S., & Kesuma B.

(2020). Perlindungan Hukum Terhadap

Korban Bullying di Sekolah. Jurnal

Rechtens, 9(2), 153–168.

Fajriati, R., Asyura, F., Ilhamsyah, P., &

Visual, M. A. (2023). EDUKASI

BULLYING MENGGUNAKAN

MEDIA AUDIO VISUAL PADA

Bullying Education Using Visual Audio

Media for Visual Grade SD Students

Mis Hafizh Cendekia Banda Aceh.

(April).

Harahap, J., Hakimah, N., Nasution, A., &

Harahap, A. M. (2024). Pelatihan

Penanggulangan Perundungan di

Kalangan Siswa Di SD Negeri 1505

Pasir Julu Kecamatan Sosa Kabupaten

Padang Lawas. April, 142–146.

Hayati, N., Zaen, N. L., Rangkuti, S., &

Saragi, D. S. (2023). Penyuluhan

Pendidikan Kesehatan Terhadap

Perilaku Teman Sebaya Dengan

Kejadian Bullying Pada Remaja Di

SMA Yayasan Pendidikan Keluarga

Medan. TRIDARMA: Pengabdian

Kepada Masyarakat (PkM), 6(1), 12–17.

https://doi.org/10.35335/abdimas.v6i1.3

Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2023).

Peningkatan Kesadaran Anti- Bullying

Melalui Teknik Sosiodrama Pada Siswa

Tita Astria Guru MTs N 1 Pangandaran.

(2), 615–632.

Karyanti, & Aminudin. (2019).

Cyberbullying & Body Shaming.

Kusumawardani, L. H., Dewanti, B. R.,

Maitsani, N. A., Dewantari, A. C.,

Laksono, A. D., Saraswati, G. I.,

Nugroho, K. A., Lestari, A. D., & Laila,

N. R. (2020). Peningkatan Pengetahuan

Pencegahan Perilaku Bullying Melalui

Metode Edukasi Dan Role Play Pada

Anak Usia Sekolah Pendahuluan. 15(2),

–170.

Linasari, T. (2016). Keefektifan

videotherapy dalam menumbuhkan

kesadaran anti-bullying pada siswa kelas

V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, 36(5), 3438–3448.

Mardiyah, S., & Abdul Syukur, B. (2020).

Pengaruh Edukasi Dengan Metode Role

Play Terhadap Peningkatan

Pengetahuan Tentang Pencegahan

Bullying Pada Anak Sekolah Dasar.

Jurnal Kesehatan Kusuma Husada,

Jurnal Kesehatan Saintika Meditory

Volume 7 Nomor 2 | https://jurnal.syedzasaintika.ac.id

Jurnal Kesehatan Saintika Meditory

November 2024

e-ISSN:2655-5840

p-ISSN :2655-9641S

E

K

O

L

A

H

T

I

N

G

G

I

I

L

M

U

K

E

S

E

H

A

T

A

N

S

Y

E

D

Z N

A

S

A

I

T

I

K

A

, 99–104.

https://doi.org/10.34035/jk.v11i1.426

NAJWA, L., ARYANI, M., SUHARDI,

M., PURMADI, A., & GARNIKA, E.

(2023). Sosialisasi Pencegahan Perilaku

Bullying Melalui Edukasi Pendidikan

Karakter Dan Pelibatan Orang Tua.

COMMUNITY : Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat, 3(1), 13–17.

https://doi.org/10.51878/community.v3i

2330

Nandya, A. B., Putra, I. D. A. D.,

Komariah, S. H., Studi, P., Komunikasi,

D., Kreatif, F. I., & Telkom, U. (2017).

Perancangan buku cerita bergambar

tentang edukasi pencegahan bullying

untuk anak sekolah dasar. EProceedings

of Art & Design, 4(3), 817–823.

Nikmah, W. K. K. (2022). Bimbingan dan

konseling Islam dengan video terapi

untuk mengelola emosi negatif pada istri

di Desa Sukosari Lamongan.

http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/5542

%0Ahttp://digilib.uinsby.ac.id/55426/

/Wiwit Khofifah Khoirun

Nikmah_B73218117 ok.pdf

Notoatmodjo. (2018). Metodologi

penelitian kesehatan.

Novitasari, S., Ferasinta, F., & Padila, P.

(2023). Faktor Media terhadap Kejadian

Bullying pada Anak Usia Sekolah. Jurnal

Kesmas Asclepius, 5(1), 1–7.

https://doi.org/10.31539/jka.v5i1.5702

Perdana, D. Y., Yusitarini, A., Istighfari, N.

U., & Safaria, T. (2023). Edukasi

Membangun Kesadaran Anti-Bullying di

Sekolah pada Siswa SMP

Muhammadiyah 2 Kalasan. Jurnal Kabar

Masyarakat, 1(3), 186–198.

https://doi.org/10.54066/jkb.v1i3.590

Pristia, A. N. (2022). Efektivitas

Videotherapy dalam Menumbuhkan

Kesadaran Sikap Anti-Bullying pada

Peserta Didik MTsN 2 Aceh Besar. 1–79.

https://repository.ar-

raniry.ac.id/30485/1/ayu uplod.pdf

Putra Sambas, E. (2020). Pengaruh

Videotherapy Terhadap Pengetahuan Dan

Kesadaran Anti-Bullying Di Sekolah

Pada Anak Usia Sekolah Di SD Negeri 02

Lubuk Buaya Kota Padang {Skripsi

Sarjana, Tidak Dipublikasikan}.

Rahayu, S., Nugraeni, D. P., Jarak, P.,

Prodi, J., Guru, P., Anak, P., Dini, U., &

Keguruan, F. (2023). Dampak Perilaku

Bullying dan Peran Penting Satuan PAUD

dalam Upaya Pencegahan Bullying pada

Anak Usia Dini. Sentra Cendekia, 4(3),

–152. https://e-

journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/vi

ew/2928

Ramadhani, S., & Sari, I. P. (2024).

Dampak Psikologis Dan Hukuman Bagi

Prilaku Bullying Terhadap Anak Di

Sekolah SMK BBC Medan. 5(2), 58–63.

Rena, S., Marfita, R., & Padilah, S. (2021).

Ponny Retno Astuti, Cara Meredam

Bullying (Jakarta: PT. Gramedia

Widasarana Indonesia, 2008), 2. 1 78.

Jurnal Pemikiran Keislaman Dan

Kemanusiaan, 5(1), 78–88.

Ronaldy, M., Idham, F., & Budianto, H.

(2023). METODE ILMIAH DAN

PENELITIAN.

Sa’ida, N., & Kurniawati, T. (2023).

Edukasi Stop Bullying Pada Anak.

Journal Community Service Consortium,

(2).

https://doi.org/10.37715/consortium.v3i2.

Siswati, Y., & Saputra, M. (2023). Peran

Satuan Tugas Anti Bullying Sekolah

dalam Mengatasi Fenomena Perundungan

di Sekolah Menengah Atas. Penelitian

Pendidikan Pancasila Dan

Kewarganegaraan, 3(7), 1–10.

https://journal.actual-

insight.com/index.php/decive/article/vie

w/1656




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jsm.v7i2.2891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Published by Stikes Syedza Saintika Padang 

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Phone: 082384992512
Email: lppmsyedza@gmail.com


  

View My Stats