ANALISIS TINGKAT PERBEDAAN KEPUASAN PASIEN BPJS DAN PASIEN NON BPJS TERHADAP MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM SITI RAHMAH PADANG TAHUN 2025
Abstract
Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan yang timbul setelah seorang pasien mendapatkan pelayanan dengan apa yang diharapkan. Tingkat kepuasan pasien dinilai berdasarkan 5 (lima) dimensi mutu pelayanan yang terdiri dari tangible, responsivennes, reliability, emphaty, dan assurance Dari wawancara beberapa pasien rawat jalan dan juga dari komplain yang masuk melalui google didapatkan ada ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan rawat jalan terutama pasien BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat kepuasan antara pasien BPJS dan pasien non BPJS terhadap mutu pelayanan di rawat jalan di Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 100 orang dengan pasien BPJS 60 orang dan pasien Non BPJS 40 orang yang diambil secara purposive random sampling. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan kuesioner. Hasil penelitian ini dianalisa menggunakan Uji Chi Square. Hasil analisanya didapatkan bahwa Tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap mutu pelayanan rawat jalan RSI Siti Rahmah yaitu 60,0%, sedangkan pasien Non BPJS Tingkat kepuasan 27,5%. Hasil uji statistik menyatakan nilai P-value adalah 0,001 sehingga terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien BPJS dan Non BPJS terhadap mutu pelayanan di rawat jalan RSI Siti Rahmah Padang.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pasien BPJS, Pasien Non BPJS, Dimensi Mutu pelayanan, Rawat jalan
Full Text:
PDFReferences
Anisa , Wa Ode Nur Said, Asnia Zainuddin, Agnes Mersatika Hartoyo. 2024. Studi Komparatif Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Dan Non-Bpjs Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Poasia Kota Kendari Tahun 2023 Jurnal Administrasi Kesehatan Vol 4.No.4
Evi Sihan Murdewanti, V. Y. (2014). Perbandingan Tingkat Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn), Umum, Dan Asuransi Swasta Terhadap Pelayanan Yang Diberikan Di Unit Rawat Jalan Rs Tugu Ibu Pada Bulan Mei Tahun 2014.
Fitriani, Nur, La Ode Muhammad Sety, Fikki Prasetya. 2024. Hubungan Kepuasan Pasien Bpjs Dan Non Bpjs Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Ruang Rawat Inap Rsu Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2023. Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan
Kusumapradja R, Ni Putu, dan Ali Germas, 2013, Analisis Hubungan Antara Kualitas Pelayanan, Karakteristik Pasien, dan Hambatan Pindah Loyalitas Pasien Rawat Jalan RSUD Cibinong, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Esa Unggul, Jakarta, Forum Ilmiah Volume 10 Nomor 1, Januari 2013.
Pertiwi, A. A. (2016). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien BPJS Dan Pasien Umum Terhadap Kepuasan Pasien Di Rawat Jalan Rsud Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 9
Siregar, Nuraisyah Tanto Hariyanto, Zaky Soewandi Ahmad. 2018. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Dan Non Bpjs Terhadap Kualitas Pelayanan Di Wilayah Puskesmas Dau Malang. Nursing News Jurnal Ilmiah Keperawatan, Vol 03.No. 2
Yudo Kurniawan, A. P. (2015). Analisis Perbedaan Pelayanan Kesehatan Pada Pasien Bpjs Dan Pasien Umum (Non-Bpjs) . Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 14.
.
.
.
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jsm.v8i1.3290
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Published by Stikes Syedza Saintika Padang
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STIKes SYEDZA Saintika Padang
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Phone: 082384992512
Email: lppmsyedza@gmail.com
View My Stats