HUBUNGAN SIKAP DAN MOTIVASI PETUGAS REKAM MEDIS DENGAN PERILAKU KUNJUNGAN PASIEN DI RSGM BAITURRAHMAH RELATIONSHIP OF ATTITUDE AND MOTIVATION OF MEDICAL RECORDER OFFICERS WITH PATIENT VISIT BEHAVIOR AT RSGM BAITURRAHMAH

Chami Rahmatiqa, Fajarilhuda Yuniko, Wilda Hanalia

Abstract


ABSTRAK

 

Data kunjungan pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Baiturrahmah dalam satu tahun terakhir mengalami fluktuasi jumlah kunjungan pasien. Jumlah kunjungan terbanyak terjadi pada bulan bulan april yaitu 2635 pasien sedangkan yang paling rendah terjadi pada bulan bulan juli yaitu sebanyak 725 pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap dan motivasi petugas rekam medis dengan perilaku kunjungan pasien di RSGM Baiturrahmah Kota Padang.  Desain penelitian adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Penarikan sampel secara accidental sampling, dengan total sampel sebanyak 92 orang pasien yang berkunjung di RSGM Baiturrahmah. Pengambilan data dengan wawancara yang diolah dengan uji statistik menggunakan Chi Square. Hasil penelitian pada 92 orang diperoleh analisis data sebagai berikut; (1) sikap petugas rekam medis yang negatif sebanyak 33 responden (35,9%), motivasi petugas rekam medis yang rendah sebanyak 46 responden (50%), perilaku kunjungan yang kurang baik sebanyak 15 responden (16,3%), hubungan sikap petugas rekam medis dengan perilaku kunjungan di dapat nilai p value = 0,00, dan analisis data antara motivasi petugas rekam medis dengan perilaku kunjungan didapat nilai p value = 0,022 dengan tingkat kepercayaan α<0,05. Kesimpulan penelitian ini adanya hubungan antara faktor sikap petugas rekam medis dan motivasi petugas rekam medis terhadap perilaku kunjungan pasien di RSGM Baiturrahmah Kota Padang.

 

Kata Kunci : Sikap; Motivasi; Perilaku; Kunjungan

 

ABSTRACT

 

Data on patient visits at the Baiturrahmah Dental and Oral Hospital (RSGM Baiturrahmah) in the past year has fluctuated in the number of patient visits. The highest number of visits occurred in April of 2635 patients, while the lowest occurred in July of 725 patients. This study aims to determine the relationship between attitude and motivation of patient visit behavior at RSGM Baiturrahmah Padang. The study design was an analytic survey with a cross-sectional approach. Sampling was by accidental sampling with a total sample of 92 patients visiting RSGM Baiturrahmah. Data collection was through interviews processed with statistical tests using Chi-Square. The results of the study on 92 people were; (1) negative attitude of visit as many as 33 respondents (35.9%), low motivation of visits 46 respondents (50%), unfavorable visit behavior 15 respondents (16.3%), the relationship between attitude with visit behavior in the p value was 0.00, and analysis of data between visit motivation with visit behavior obtained p value = 0.022 with a level of confidence α<0.05. This study concludes that there is a relationship between the factors of attitude and motivation to the patient visit behavior at RSGM Baiturrahmah Padang.

 

 

Keywords: Attitude; Motivation; Behavior; Visit

 




Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Kemenkes. Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI. 2013.

Ningsih KP. Hubungan Beban Kerja Dan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Karyawan Di Instalasi Rekam Medis Rumah Sakit Mata “Dr. YAP” Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013.

Sembel M, Opod H, Hutagalung BS. Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap perawatan gigi dan mulut di puskesmas Bahu. e-GiGi. 2014;2(2).

Zia HK, Semiarty R, Lita RP. Analisis Swot Sebagai Penentu Strategi Pemasaran Pada Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Baiturrahmah Padang. Jurnal Kesehatan Andalas. 2018;7:6-11.

Sumartini T. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Jkn

Di Instalasi Rawat Inap Kelas III RSUD Pandan Arang Boyolali. Diakses pada tanggal; 2017.

Pohan IS. Quality Assurance of Health Care Services: The Basics of Understanding and Application. EGC Publisher for medical book. Jakarta.(Pohan, Imbalo S. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.); 2007.

Dewanto I. Panduan pelaksanaan pelayanan kedokteran gigi dalam sistem jaminan kesehatan nasional. Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia; 2014.

Ridho KM, Rosa EM, Suparniati E. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pengisian Rekam Medis Di Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Pendidikan UMY. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit). 2013;2(2).

Notoatmodjo S. Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

Notohartojo IT. Status kesehatan gigi dan mulut ditinjau dari faktor individu pengunjung puskesmas DKI Jakarta tahun 2007. Buletin Penelitian Kesehatan. 2010;38(2).

Notoatmodjo G, Thomborson C, editors. Passwords and perceptions. Proceedings of the Seventh Australasian Conference on Information Security-Volume 98; 2009.

Notoatmodjo S. Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: rineka cipta. 2010;200:26-35.

Yuniar Y. Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jurnal Kefarmasian Indonesia. 2016;6(1):39-48.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jsm.v1i2.584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Published by Stikes Syedza Saintika Padang 

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Phone: 082384992512
Email: lppmsyedza@gmail.com


  

View My Stats