TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RAWAT JALAN RSUD X JAMBI

Maretta Solvina, T. Samsul Hilal, Sugiarto Sugiarto

Abstract


Rumah Sakit adalah Institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna, salah satunya rawat jalan. Tingkat kepuasan atau ketidakpuasan individu atau kelompok manusia yang timbul setelah membandingkan persepsi mereka tentang kinerja produk atau layanan dengan harapan mereka. Tujuan Penelitian mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan di RS X Jambi Tahun 2024. Penelitian dengan desain cross sectional, data menggunakan diagram kartesius melalui wawancara. Sampel penelitian adalah adalah pasien yang berkunjung dirawat jalan RSUD X sebanyak 105 pasien yang di ambil dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menggunakan aspek dimensi kehandalan (reliability) 96,29%, dimensi daya tanggap (responsiveness) 94,61%, dimensi jaminan (assurance) 96,61%, dimensi empati (emphaty) 97,38% dan dimensi bukti fisik (tangible) 94,06%.

Kata Kunci   :   Tingkat Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit


Full Text:

PDF

References


Ansyori, A. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Dimensi Mutu Pelayanan Tempat Pendaftaran. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(2), 557–570. https://doi.org/10.32583/pskm.v13i2.897

Fandy Tjiptono, P. ., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction Edisi 4 (Yogyakarta (ed.)). Andi Offset.

Florianus Reu. (2024). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam pada Rsup Dr. Sitanala Tangerang. Sehat Rakyat: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(1), 61–72. https://doi.org/10.54259/sehatrakyat.v3i1.2446

Gunawan, A., Wahyuni, N., & Syafira Utami, A. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pasien Rawat Jalan di Krakatau Medika Hospital Analysis of Customer Satisfaction Level Towards Patients in Krakatau Hospital Medics. Journal of Integrated System, 3(1), 26–39.

Hanafi, Rachmawati, E., & Hartanto, B. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pasien Menggunakan Diagram Kartesius Di Rawat Inap Rumah Sakit Rsud Bima Tahun 2021. Jurnal Medika Hutama, 03(03), 1–23.

Hidayat, A. A. A. (2020). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika.

Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran (T. Selatan (ed.); Edisi 13). Unpam Press.

JambiLink.com. (2024). RSUD Raden Mattaher Jambi bantah dugaan mengabaikan pasie kritis yang viral di media sosial.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Jakarta : Erlangga.

Marditama, T., Nugrayasa, K. I., Stefi, F. V., Ani, & Stefiana, F. V. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit X. 8, 722–727.

More, Y. F., Littik, S. K. A., & Sinaga, M. (2023). Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Dr. T.C Hillers Maumere Kabupaten SIKKA. Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS), 7(2), 110–119. https://doi.org/10.52643/jukmas.v7i2.3114

Muafa, I. W., & Awotkay, A. s. (2022). Pengaruh Lingkungan Fisik Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rsud Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 13(2), 90–100. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/ekosos/article/download/4753/2558

Nurhasma, Rijal, A. S., & Azis, R. (2021). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RSUDP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. 07(2),90-100.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2008). Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, Nomor 129/Menkes/SK/II/2008.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien, Nomor 4,1-35.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Permenkes tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Permenkes Nomor 3 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit, 69(555), 1–53.

Pohan, I. S. (2013). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan (Jakarta (ed.)). EGC.

Priyadi, G., & Mustara. (2022). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Di Rsud Kabupaten Majalengka. 13, 1017–1022.

Purnawan, T., Zaman, C., & Ekawati, D. (2024). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kesehatan Di RSUD Lubai Ulu Kabupaten Muara Enim Tahun 2023. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA, 7(1), 8–25. https://doi.org/10.32524/jksp.v7i1.1097

Rajab, M. Al, & Andilah, S. (2023). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 18, 73–86.

Sangkot, H. S., Latifah, U., Hastuti Suryandari, E. S. D., & Wijaya, A. (2022). Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Rs X Kota Madiun. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 10(2), 141–147. https://doi.org/10.14710/jmki.10.2.2022.141-147

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Bandung (ed.)). CV. Alfabeta.

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan an Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit 10.18196/Jmmr.2016, 6(1), 9–15. https://doi.org/10.18196/jmmr.6122

Www.jambi.one.com. (2024). Lagi, keluarga psien keluhkan buruknya pelayanan di RSUD Raden Mattaher.

Www.jambiline.com. (2023). Kesal, Warga Berjam-jam Menunggu di Poli RSUD Raden Mattaher Jambi, Minta Gubernur Segera Evaluasi.

Zulaika, Suhermi, & Rivanto, R. (2020). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan di RS Azra 2019. Jurnal Teras Kesehatan, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.38215/jutek.v3i1.45




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jsm.v7i2.2820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Published by Stikes Syedza Saintika Padang 

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Phone: 082384992512
Email: lppmsyedza@gmail.com


  

View My Stats